Close

Selama lebih dari 90 tahun, Chevron telah menjadi produsen energi terkemuka di Indonesia. Kami terus berupaya menggali potensi energi Indonesia melalui inovasi, menghasilkan produksi minyak bumi dari ladang-ladang minyak, dan memanfaatkan sumber energi yang andal dari panasbumi.

Kemitraan Chevron dengan masyarakat dan Pemerintah Indonesia dapat ditelusuri sejak tahun 1924, ketika Standard Oil Company of California (Socal), kini Chevron, mengirimkan ekspedisi geologi ke Pulau Sumatera.

Melalui anak perusahaan kami, PT Chevron Pacific Indonesia dan Chevron Indonesia Company, kami menjalankan operasi minyak dan gas. Chevron juga mengelola operasi panasbumi melalui Chevron Geothermal Indonesia, Ltd., dan Chevron Geothermal Salak, Ltd., di Indonesia.

Chevron Indonesia Map

Peta Chevron Indonesia (172 KB)

Chevron telah menjadi produsen minyak mentah terbesar di Indonesia yang menghasilkan sekitar 40 persen produksi minyak nasional melalui kegiatan operasi di Riau dan Kalimantan Timur. Chevron juga telah menjadi produsen energi panasbumi terbesar di Indonesia dari kegiatan operasinya di Jawa Barat, yang menyediakan listrik bagi jutaan penduduk Indonesia.

Kami bekerja sama dengan pemerintah dan mitra-mitra kami untuk menciptakan efek ekonomi berganda dari kegiatan operasi kami ke seluruh Indonesia. Kegiatan operasi Chevron telah memberikan kontribusi kepada negara dan masyarakat Indonesia dalam beberapa aspek penting:

  • Dari tahun 2009 hingga 2013, Chevron dan mitra-mitranya memberikan kontribusi sebesar Rp455 triliun bagi pendapatan pemerintah Indonesia.
  • Pada tahun 2013, Chevron dan mitra-mitranya berkontribusi sebesar Rp120 triliun terhadap PDB Indonesia.
  • Pada tahun 2013, Chevron dan mitra-mitranya menghasilkan Rp7,7 triliun pendapatan pribadi bagi pekerja Indonesia.
  • Pada tahun 2013, kegiatan operasi Chevron telah menciptakan 260.000 lapangan kerja (baik langsung, tidak langsung, maupun imbasan).

    Chevron telah menciptakan 260.000 lapangan kerja

  • Dari tahun 2009 hingga 2013, tiap satu pekerjaan di Chevron mendukung rata-rata 36 lapangan kerja lain di Indonesia.

Kami bangga dengan apa yang telah kami telah lakukan dan menghargai kemitraan kami yang kuat dan berkelanjutan dengan Pemerintah Indonesia, organisasi-organisasi non-pemerintah dan masyarakat sekitar, yang merupakan landasan kokoh atas upaya kami dalam memenuhi kebutuhan energi Indonesia dan menghasilkan pertumbuhan jangka panjang serta kesejahteraan untuk negeri ini.

Analisa Dampak Ekonomi

Operasi Chevron di Indonesia :

Infografis

Ikhtisar Eksekutif